Nostalgia lampu sein bersuara


Sebagai pembuka karena sudah lama tidak ngetik arkitel,eh,artikel…seinget gue,motor terakhir yg kalo lampu sein dinyalain ada suara sebagai allert adalah yamaha force 1 z r yg sering disebut fis-er.
Motor berwarna oranye rakitan 2004 punya temen,yg akhirnya suara tsb.dimatiin karena MALU.
sekitar akhir 2004-2005 motor bebek yg tadinya punya suara khas kalo mau belok,akhirnya dibungkam oleh pabrikan.ya,waktu itu gue punya suzuki shogun 110 yg sudah “bisu” dan kemudian bisu  jadi tren baru motor bebek. makanya pemilik motor bebek yg masih bersuara pada malu.

image

2015….jalanan mulai penuh dengan berbagai jenis motor,bebek,skuter metik,sport dsb.sayang sekali,adab berkendara tidak ikut tumbuh seiring pesatnya pertumbuhan jumlah motor.lawan arah,main potong,sruntulan,belok nggak kasih sein menjadi hal yg seakan biasa saja.
Singkat saja,poin tulisan ini adalah gue pengen fitur sein berbunyi dikembalikan.sepertinya akan bermanfaat banyak untuk suasana jalan sekarang yg semrawut dan cuek metik… (bebek udah kalah ama metik)
sering gue lihat orang yg mau belok kanan,udah nyalain sein,melambat digaris tengah nyari momen tepat sebelum belok…tapi masih ada yg main sikat dari sebelah kanan.
hal yang sama juga sering terjadi saat hendak belok kiri.

Setidaknya…dengan sein bersuara,orang akan lebih aware dengan pengendara didepan yg akan berbelok….dengan mendengar suara sein,perhatian yg dibelakang akan teralihkan sesaat untuk memperhatikan kendaraan didepan,bukan hanya ke layar handphone,obrolan dengan pembonceng atau tegang liatin jalan.
Gue rasa,sein bersuara nggak akan berpengaruh pada performa motor yg belakangan mulai diberikan sentuhan teknologi,desain dan dna motogp (ehm )…atau merusak tampilan desain motor…. atau bikin malu pengendara nya yang fashionable💄💅 dan sangat matching dengan tunggangannya👿 💩

2 thoughts on “Nostalgia lampu sein bersuara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s