[PENGENNYA] Stand Up Comedy


 

Dikota tempat gue tinggal,ada sebuah tempat yang dulunya adalah pusat perbelanjaan.saat kerusuhan mei’98,tempat itu bernasib sama dengan pusat perbelanjaan lain yang dijarah,dan berakhir dibakar.butuh waktu yang cukup lama,hingga sekitar setahun lalu,tempat itu dibangun kembali.tapi nggak jauh beda dari yang dulu,masih pusat perbelanjaan juga.tapi akhirnya,tempat itu kurang laku,nggak banyak pelaku niaga yang tertarik,singkat kata,tempat itu kembali tutup.

Dari sudut pandang gue sebagai warga,mastinya tempat itu dibangun sesuatu yang baru,sesuatu yang membuat orang melupakan kenangan buruk yang tertinggal (nggak lebaykan?)

sesuatu yang membuat orang mau untuk sekedar melihat,mendekat,kemudian memegang,eh,maksudnya membuat orang mendapatkan pengalaman baru.ya…TAMAN ATAU RUANG PUBLIK..!!! itu yang ada dalam pikiran gue..!! kenapa ruang publik..?? karena pusat perbelanjaan (mall) sudah banyak dimana-mana…hampir  tiap 5 kilometer ada mall..dari yang kelas menengah keatas,menengah menengah,sampai menengah kedasar.

apa bagusnya sih mall..?? tempat rekreasi..?? bohong..!!! kalo ada orang bilang tanggal muda jalan-jalan ke mall,refreshing,itu BOHONG..!! kenapa..?? karena sebenarnya yang rekreasi tuh orang tuanya…bukan anaknya..!! si anak dibeliin makanan atau baju atau dibawa ke wahana permainan,sedang bapaknya lirak-lirik paha abg..!! ibunya nggak kalah…modal pake celana leggin’,si ibu asyik bin genit ngeliatin berondong dengan gayanya yang ala boyband koreah..!!!

Gue sih nggak ada masalah dengan jalan-jalan ke mall buat rekreasi,terutama buat mereka yang menganut gaya hidup konsumtip..belanja-holic…pura-pura modern…!! yang jadi masalah buat gue tuh,kalo udah pertengahan bulan,mereka ngeluhnya ke gue…!! atau lebih  parah,nyari pinjeman duit ama gue…!!!

balik ke tempat belanja yang tutup tadi,

kalo anda nanya,”..kenapa harus ruang publik..?? kenapa taman..??

gue jawab dengan pertanyaan; “..anda pasti suka yang gratisan,ya nggak..??

ruang publik kan tempat kita bisa nongkrong gratis…tersedia tempat bermain buat anak,bangku buat tidur gelandangan kalo malem,pohon tempat mojok ama pacar atau istri (yang lagi nostalgila)atau belajar jadi tarzan, rumput yang bisa diinjek-injek,bunga-bunga yang bisa dipetikin sampe mati,ayunan,prosotan,jogging track dll,sukur-sukur ada skatepark,biar skater-skater  punya tempat beraksi,tempat pamer kemampuan sekaligus jadi tontonan gratis buat orang-orang…!! (pengennya)semua serba gratis,kecuali makanan dan minuman,yang ini kebangetan kalo minta gratis juga…bisa juga jadi solusi dipertengahan bulan,kalo udah nggak ada duit buat ngajak anak istri ke mall,ajakin aja ke taman,anaknya suruh maen prosotan sampe celananya bolong,bapak dan ibunya….ngegodain abg lagi.kalo prelu,tempat tersebut dijaga satpam yang terus berpatroli menjaga ketertiban,bukan ngetem dipos..!! kaya taman-taman kota diluar negeri gitulah..!! ngarep dikit ga papa kan..?! bisa juga sebagai tempat kita mengenalkan anak-anak kita pada alam,bahwa alam itu seperti ini,ada pohon,ada rumput,pasir,tanah…bukan hanya bangunan-bangunan dari semen,jalan aspal buruk yang banyak lubang.nggak perlu ngeluarin duit lagi untuk menyekolahkan mereka disekolah alam yang banyak ditentang..!! kenapa sekolah alam(tempatnya dialam bebas) ditentang..?? karena sangat ironis,saat sodara-sodara kita yang dipedalaman kalimantan bener-bener sekolah dialam bebas nan liar(hutan) ingin merasakan punya sekolah dengan gedung bagus,sarana lengkap,ada kolam renang,eh,kita yang punya sarana lengkap malah bikin sekolahan dikebon…tukeran aja napa kalo pengen ngerasain sekolah dialam bebas..?!

Serius dikit,berapa banyak jumlah mall dikota anda..?? apa nggak bosen tiap kali liat ada proyek baru,yang dibangun pasti mall,kalo nggak perumahan..!!! hampir nggak ada ruang penghijauan,tempat mencari ketenangan selain dirumah,tempat nongkrong gretongan..!! kenapa nggak sarana umum lain..?? jangan salahkan abg-abg yang kebut-kebutan dijalan,karena nggak ada sarana sirkuit..!! jangan ngomelin bocah skater yang main dipinggir jalan,karena nggak ada skatepark..!! jangan marah kalo anak anda minta duit mulu buat nongkrong atau jalan ke mall,ya itu tadi..nggak ada tempat nongkrong gratis…semua dibikin serba berbayar,padahal layanan berbayar dinegara kita ini banyak yang nggak memuaskan..!!

Ngomong-ngomong,blog anda keliatan kaya stand up comedy atau blog serius..?? (S27)

Sent via wordpress for WiOS (Without OS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s