Catatan mati lampu


S27 :

Sepulang kerja,gue udah langsung disuguhin muka-muka asem gara-gara mati lampu.gue pun sedikit kecewa,karena itu berarti dispenser gue juga mati…berarti nggak ada air panas buat ngopi.temen yang sudah berkeluarga dan punya kompor gas subsidi pemereintah pun,kehabisan stok air panas ditermosnya.ya sudahlahh…akhirnya gue nongkrong sambil mengisi dada dengan asap tembakau rokok kretek.

Selepas maghrib,setelah urusan perut yang minta diisi selesai,gue cari temen nongkrong yang senasib,dapet jatah mati lampu,sekedar melupakan kekecewaan belum bisa ngopi dari sore.

Waktu terasa membeku,jarum jam menunjukan jam 20.00,tapi seakan gue udah nongkrong 2 jam,sampe nggak ada lagi bahan obrolan,kecuali listrik yang tak kunjung nyala dan nyamuk yang sedang aktif bergerilya meminta sumbangan donor darah.akhirnya gue putusin ngopi dengan Rp.1500,- terbungkus plastik hitam,berpasang dengan rokok kretek,menemani gue nongkrong di depan rumah dengan tetangga,yang malem ini tumben hampir semua ada diluar rumah,dihampir setiap ujung gang.

Entah jam berapa tepatnya, listrik akhirnya menyala,mungkin udah dibenerin sama pihak PLN yang kalo ditelepon,mesin penjawab otomatisnya pake bahasa inggris,bukan bahasa Indonesia.dalam sekejap,sebuah fenomena yang bersebrangan dengan fenomena laron pun terjadi.laron akan berkumpul disaat ada cahaya,dan hilang atau pergi kalo kita matikan lampu,maka tetangga-tetangga gue yang tadinya ngumpul saat gelap,mati lampu,langsung menghilang saat listrik udah nyala.padahal mereka tampak begitu akrab satu sama lain tadi……
Tiba-tiba saja ada satu pembelajaran (atau mungkin bagi orang lain negative thinking,silahkan) yang nyangkut di otak gue;

“…manusia…saat susah aja pada ngumpul…seakan saling peduli…giliran udah lepas dari jerat,bubar…mikir diri masing-masing…!!!

Sekali lagi…entah itu pembelajaran atau cuman gue yang berprasangka buruk pada orang lain,gue sendiri nggak paham…..
Tapi yang jelas…saat mati lampu sore tadi…mereka tampak akrab…seolah nggak ada jarak,dinding sosial ekonomi yang jadi jurang pemisah…

semoga saja mereka masih seneng ngumpul berinteraksi dengan tetangga…maski yang diomongin gosip artis,kejelekan orang dan lain-lain….
semoga lebih sering mati lampu…biar maling yang sering nyatronin daerah gue tinggal mikir 20.000 kali,karena banyak orang nongkrang….

semoga mati lampu sering datang…biar tetangga gue pada ngumpul,bukan didepan tivi,nonton sinetron yang seakan sudah menjadi bagian dari pendidikan bangsa ini…yang ceritanya bikin orang korupsi karena pengen cepet kaya,dan hidup layaknya tokoh yang mereka saksikan dilayar beling mereka…..

5 thoughts on “Catatan mati lampu

  1. MAHA BESAR ENGKAU YA ALLAH,,KINI SYA SDH BEBAS DRI SMUA UTANG2 BERKAT ANGKA TOGEL PMBERIAN KI MANDALA YG BISA TEMBUS HINGGA SYA MENANG,,KLW ADA YG MAU,HUB KI MANDALA DI 082-3489-85714

    MAHA BESAR ENGKAU YA ALLAH,,KINI SYA SDH BEBAS DRI SMUA UTANG2 BERKAT ANGKA TOGEL PMBERIAN KI MANDALA YG BISA TEMBUS HINGGA SYA MENANG,,KLW ADA YG MAU,HUB KI MANDALA DI 082-3489-85714

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s