Jakarta hilang..!!!


(S27) :

Hari ini gue minggu,bangun agak siang…jam 9 pagi…suara ibu-ibu dan tetangga yang terdengar asik ngobrol membangunkanku….entah apa yang dibahas….

sebotol air dingin membasahi tenggorokanku,lalu tombol power tivi menyusul kupencet…dan…..semut..!!! nggak ada gambar apa-apa seperti tidak ada sinyal…pindah ke chanel sana-sini sama saja…mungkinkah kabel antenaku diatas atap putus..??? “..aduh…pagi-pagi udah ngerjain orang nih tivi…!! batinku.

Sebatang rokok menemaniku pergi ke atas atap…tapi semua baik-baik saja..kenapa nih..?? sekembalinya dari atap,tetangga bertanya;

“..Punya kamu juga sama kan..??

“..sama apanya..??

“..tivimu…?? nggak ada gambarnya kan..??

“..iya..emangnya ada apa sih..??

terjawab sudah rasa bingungku…dari tadi mereka ternyata sedang asyik  membicarakan soal tivi mereka yang nggak ada gambarnya…semua tivi mereka…hanya siaran dari stasiun tivi lokal saja yang bisa tertangkap.

Tiba-tiba,salah satu dari tetanggaku yang penggila dunia maya berteriak terkejut, “..hahh..?? Jakarta hilang..?? suaranya sambil menatap layar handphone touchscreen-nya..!!! 

serempak,kami pun mendekat dan bertanya; “..hilang gimana maksud loe..??? 

Dia pun menjelaskan,bahwa via situs jejaring sosial,temannya yang ada di Bekasi dan bermaksud berkunjung ke rumah saudaranya yang berada di Jakarta,masih bingung karena tiba-tiba berada di pinggir laut…padahal arah yang ditujunya benar dan dia hapal betul,karena setiap hari dia melalui jalan itu saat berangkat kerja.

Gue berinisiatip mencari berita dari dunia maya dan jejaring sosial,karena gue heran; koq seheboh ini ya..?? apa yang terjadi…??? Jakarta hilang..??? 

setelah menyambung dengan sisa kuota yang ada,gue coba buka Google maps…dan ternyata…

“..Apa maksudnya nih..??? gue sama sekali nggak paham…benarkah Jakarta hilang…?? gambar via Google maps memang menunjukkan bahwa Jakarta telah berubah menjadi laut.mungkinkah eror jaringan internet..?? kalo iya,kenapa tivi juga nggak ada gambarnya..?? semalem saja gue masih sempet nonton siaran langsung MotoGP dari salah satu stasiun tivi yang berpusat di Jakarta.gimana dengan cabang – cabang mereka di daerah lain..?? apakah mereka juga hilang..?? 

berkali-kali gue muat ulang halaman yang tertera di monitor,hasilnya sama saja…gue tunjukan pada semua orang yang ada disitu,mereka juga nggak paham.temen gue yang gila internet juga menemukan hal yang sama dilayar handphone-nya…

ada apa ini..??

Jakarta hilang..??

bener-bener hilang..??

hanya dalam semalam..??

kenapa nggak ada yang merasakan sesuatu saat kejadian..???

bagaimana nasib orang-orang yang ada disana..???

para penduduk sipil,para pejabat negara…pak presiden..?? gedung-gedung pencakar langit yang setinggi itu…mungkinkah hilang tenggelam tanpa bekas..??? 

para penjahat,koruptor dkk.hilang begitu saja..??

stasiun-stasiun tivi yang menyiarkan berita seolah  Indonesia hanya Jakarta itu…hilang juga..???

kota yang menjadi tujuan anak-anak lulusan sma dan smk untuk mencari pekerjaan itu kemana sebenernya..???

kota dimana pusat pemerintahan berada…dimana pusat perekonomian berputar..dan kota yang menjadi pusat dari segala hal di Indonesia itu hilang..???

bagaimana dengan artis-artis yang banyak tingkah itu..???

apakah ini berarti kita nggak bisa nonton sinetron yang menjadi pendidikan kami lagi..???

kemana Jakarta..?? tenggelam..?? lalu,ulah siapa ini..?? alienkah..?? kehendak Tuhan kah..??? kalo iya,kenapa..??

apa salah Jakarta dan orang-orang yang berada disana..???

apakah karena mereka terlalu sibuk mengurusi kemacetan di jalanan Jakarta..??

apakah karena mereka nggak sadar,bahwa Indonesia itu luas nggak hanya sebatas Jakarta..??

apakah karena terlalu banyak skandal dalam segala hal..???

dan berbagai pertanyaan terus mengalir memenuhi otak gue….berspekulasi sekenanya…mengira-ira apa yang terjadi…kenapa ada asap..?? dari mana apinya..??

hingga pertanyaan-pertanyaan kurang waras pun nggak mau ketinggalan ambil peran memenuhi otak gue….

apa jadinya Indonesia tanpa Jakarta..???

bisakah bangsa dan negara ini terus berjalan tanpa Jakarta..??

Atau mungkinkah,Indonesia lebih baik tanpa Jakarta..??? 

Saat otakku terasa mau meledak oleh sejuta pertanyaan,alarm di handphone butut gue berteriak lantang…jam 8.20 pagi….dan gue pun telat kerja lagi…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s