Sebenernya berapa lama sih waktu yang tepat manasin mesin motor..???


(S27) :

Jujur aja,gue nggak tau tepatnya harus berapa lama manasin mesin motor sebelum dijalankan.yang jelas,setau gue gunanya manasin mesin adalah mencapai panas/suhu ideal,agar mesin bekerja dengan baik dan optimal tanpa kendala.rata-rata material mesin motor jaman sekarang sudah menggunakan aluminium cmiiw,dan tingkat presisi komponen mesin pun semakin meningkat.

Dulu gue pernah punya Suzuki Shogun 110 lansiran 2004,yang seingat gue blok mesinnya(seher) masih menggunakan bahan besi,terlihat warananya item,seperti juga Honda Supra 100.tapi temen gue ada yang punya Yamaha Vega 102 cc lansiran 2004 juga,yang ternyata blok mesinnya sudah menggunakan bahan aluminium.gue yakin,mesin Shogun gue masih menggunakan,katakanlah,teknologi material mesin angkatan lawas.entah gue yang termakan oleh omongan orang atau gimana,waktu itu sebelum jalan gue panasin dulu mesin Shogun gue barang 2-3 menit(kalo pagi lebih lama lagi),yang didahului dengan ritual mengengkol(mesin mati) dengan tujuan agar oli mesin naik,karena kata beberapa orang,kalo mesin mati agak lama,maka oli akan turun dan berkumpul dibagian bawah mesin.

Seiring berkembangnya teknologi otomotif,tingkat ke-presisi-an komponen-komponen bergerak dalam mesin motor pasti  juga berkembang.contoh saja,Honda Blade versi pertama.rekomendasi dari pabrikan menggunakan oli ber-SAE 10-30 cmiiw.woww…berarti motor ini memiliki tingkat ke-presisi-an  mesin yang jauh dari mendiang motor gue yang menggunakan oli ber-SAE 20-50.selain dari permesinan,pabrikan oli pun mengembangkan teknologi produk mereka.tuntutan mesin-mesin jaman sekarang membuat mereka harus berevolusi,yaaa…seperti contoh diatas,maka lahirlah oli-oli yang maski encer,tapi malah lebih mudah menyusup kedalam celah-celah terkecil dari komponen-komponen mesin motor yang lebih rapet dari mesin-mesin motor jaman dulu.

Sebenernya,tulisan ini terinspirasi dari pengamatan gue melihat seorang pemilik motor berkubikasi 135 cc dari pabrikan garputala.kalo gue amatin,orang ini selalu menyalakan (manasin) motornya dalam waktu yang cukup lama,+/- 10-15 menit sebelum jalan.sekali lagi gue tekankan;

GUE NGGAK TAU BERAPA LAMA PASTINYA WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MANASIN MOTOR SAMPAI KE SUHU KERJA IDEAL.

cuman yaitu tadi,melihat spek motor tersebut kan udah DiAsil Cylinder + Forged Piston,yang gue yakin memiliki tingkat presisi komponen yang lebih (dibandingken mendiang Shogun gue).plus lagi,mesinnya liquid cooled yang bersanding dengan sebuah fan(kipas),yang tentunya memiliki kompresi yang nggak rendah.lha,koq manasinnya lama bener..?? apa karena bensin murah..?? :mrgreen: silahkan yang lebih tau kasih pencerahan..!!🙂

One thought on “Sebenernya berapa lama sih waktu yang tepat manasin mesin motor..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s