Kenapa India..???


(S27) :

Gue inget waktu nonton film “Slum Dog Millionaire” tokoh Salim yang berperan sebagai kakak dari sang tokoh utama Jamal,dalam sebuah percakapan berkata,

” India sekarang menjadi pusat dunia,dan aku berada ditengah-tengah dari pusat itu”

gue lupa kapan tepatnya film itu mulai beredar,tapi yang jelas,apa yang dikatakan tokoh Salim dalam film itu kini seakan menjadi kenyataan.India…telah berubah begitu jauh…lompatan yang besar…!!! karena gue sering jalan-jalan di blog-blog otomotif nasional,gue jadi tau,kalo India telah menjadi tempat dimana merk-merk besar dari asia dan eropa dalam berinvestasi melebarkan sayap bisnis mereka.sebut saja Brembo yang seinget gue udah punya anak perusahaan bernama ByBre atau By Brembo.lalu yang paling baru KTM,yang bekerja sama dengan Bajaj,merk sepeda motor nasional India.karena faktor saham yang dibelikah..?? entahlah…itu bukan urusan gue…yang jelas,merk-merk terkenal dunia mulai melirik India sebagai,paling nggak tempat membuka cabang produksi.

Kenapa bukan di Indonesia..??? pertanyaan yang masih belum gue temukan jawabannya.padahal kalo dilihat,di negeri yang kaya sumber daya alam ini,nggak sedikit anak bangsa yang mampu berkreasi jauh melebihi bayangan dalam pikiran gue.negeri ini juga luas kalo hanya untuk tempat produksi.jadi apa yang menjadi bahan pertimbangan mereka-mereka,hingga memilih India…???

gue ingat dalam film Slumdog Millionaire itu,setting lokasinya memperlihatkan keadaan yang mungkin nggak jauh beda dengan disini.saat Jamal dan Salim kecil menggelandang,mereka tidur disembarang tempat.ada saat mereka tidur di sebuah TPA sampah,hingga mereka “ditemukan” oleh Maman,yang kemudian memelihara mereka,memberi makan,padahal akhirnya mereka hanya disuruh bekerja untuknya (mengemis),dan nantinya mereka akan dijual organ tubuhnya.

Lalu…apa “peran” Indonesia..?? sepertinya masih menjadi tempat menjual produk saja.gue inget saat membaca komentar dalam artikel motor sport baru Yamaha,R-15 diblog-blog otomotif nasional,ada yang bernada iri terhadap India…iri kenapa hal yang sama tidak(atau mungkin belum) terjadi disini..?! kenapa motor tersebut tidak di launching pertama kali disini,mengingat penjualan merk tersebut disini lebih baik dari negara-negara lain..!!

Hal lain  yang bikin gue salut,mereka punya merk nasional sendiri,dan mereka bangga.bahkan motor-motor bikinan merk luar India pun,desainnya nggak jauh-jauh dari desain yang akhirnya menjadi ciri khas motor yang beredar disana.coba liat Bajaj Pulsar,TVS Apache dan masih banyak lagi yang kalo mau “jalan-jalan” kesana via internet,akan kita lihat seakan semua mirip.lalu Mahindra,yang bahkan sudah menyentuh balapan motor bergengsi kelas dunia GP125(tahun ini menjadi Moto3).

Salut kepada India,apakah gue nggak cinta ama negeri sendiri..??? justru karena gue cinta ama negeri ini,maka timbul pertanyaan itu…kenapa India..??

Tinggalkan Balasan

