Suzuki(kok bisa)Terlalu Di Depaaann….


tiba-tiba…mak bedunduk….muncul sebuah pertanyaan dalam pikiran gue…seingat gue…dulu Suzuki pernah menelorkan satu varian yang berkonsep sama dengan Honda Blade.yup..nggak laen adalah Arashi 125.bebek berkubikasi 125cc ini harus pensiun di usia muda…nggak sukses lagi…haduh kasiman amat yak..?!
arashi nggak sendirian,ada FXR150 yang juga lahir salah jaman…terlalu cepet…!!!!Cybernatic cruiser sport ini diproduksi oleh Suzuki Lion Malaysia.kalo nggak salah,dari taon 1997-2003 cmiiw.weleeehh…suzuki tuh dapet ilmunya dari alien kali ya..??saat yang laen baru nyampe disini,suzuki udah nyampe disono…!!!

Arashi 125

gsvr mini..punya siapa eaaa....?!

keadaan yang juauuhh berbeda sekarang…honda merilis Blade,dan hasilnya…lancar aja tuh…meski nggak sebooming absolute revo,tapi populasinya terus bertambah.terbukti makin banyak yang sliwar-sliwer dijalanan.sama kayak arashi,blade juga nggak sendirian,ada CBR150R yang menemani (katanya)sebentaaaarrr lagi….lha kok sebentarnya panjang gitu..??abis belom tau pastinya kapan sih…!!! 😀 motor sport besutan AHM ini berteknologi nggak beda jauh ama FXR,kecuali dia udah pake radiator.hmm…versi cbu aja banyak yang mondar-mandir…opo lagi kalo dickd oleh ahm…bisa jadi motor sport sejuta umat..!!!

Blade 110

CBR 150R

yang bikin gue bingung tuh,arashi punya model yang sama dengan blade,lampu sama-sama ngaak bisa nengok,sok stereo,tapi cc nya malah lebih besar…lha kok waktu masih diproduksi kok nggak sukses..???FXR juga…teknologi jelas nggak kalah ama CBR,performa o.k.,kenapa waktu masih ada kurang laku ya..??fenomena opo iki..???
hmmm….kadang gue pikir,kedua jagoan Suzuki ini nongol pada waktu yang salah…seinget gue,tahun-tahun itu konsumen masih tersihir oleh kedigdayaan mesin 2 tak.ada rx-king,ninja,satria,f1zr dll.jadi butuh waktu yang nggak sebentar untuk merubah mindset konsumen dari mesin 2 tak,ke mesin masa depan yaitu 4 tak.atau karena masih pada awam ya..?!
wuaaahhh….emang sulit gue mengerti sendirian,FENOMENA apakah gerangan ini..???

ea sudahlah….cuba tak nanya ama

20 thoughts on “Suzuki(kok bisa)Terlalu Di Depaaann….

  1. Simpel aja. Ngga laku karena tim marketingnya acak2an. Ngga ngerti kapan sebaiknya launching sebuah produk. Bukan produknya yang jelek, tapi masyarakat yang belum siap nerima. Tugas bagian marketinglah untuk menentukan apakah sebuah produk siap di launching atau ngga. Atau kalau pun masyarakat belum siap nerima,tugas tim marketing juga untuk mengedukasi masyarakat untuk perlahan2 mau nerima. Kayanya Suzuki males buat ngedukasi konsumen dan lebih milih langsung mendiscontinue produk2nya yg ngga laku. Beda ama Honda. Blade sama CS-1 awal2nya kurang laku, tapi dengan edukasi konsumen yang terus menerus, perlahan2 konsumen akhirnya mau nerima. Ngga maen discontinue begitu aja. Yah, tiap produsen caranya beda2. Mungkin Honda punya modal lebih gede, jadi punya sumberdaya yang cukup buat mengedukasi konsumen. Sedangkan Suzuki ngga punya sumberdaya sebesar itu.
    Catatan :
    Tugas marketing bukan untuk menjual produk sebanyak2nya. Dan bukan tugas marketing untuk memaksakan produk yang jelek supaya dapat terjual (itu tugas bagian sales). Tugas marketing adalah bagaimana caranya menjadikan suatu produk yang BAGUS, bisa diterima oleh konsumen.

    Kasusnya mirip dengan produsen ponsel Philips dulu.
    Ponselnya canggih2,mendahului ponsel2 keluaran produsen laen di jamannya, tapi timing launchingnya ngga pas. Ya ngga laku….
    Sekian kicauan saya. Makasih :mrgreen:

  2. @one08

    udah punah kali…..

    @basho

    mmm…gud-gud-gud….marketing ya?!

    @pakdhe

    ho’oh je….padet bgt,mahaminnya 1/2 hari dewe….LoLa….qqq…..

    @lingga

    sekarang manusia purba dan alien udah akur….pacaran malah….(ra nyambung) 😀

  3. waktu kedatangan fxr, masyarakat g kayak skrg ini, gak tega ngeluarin duit banyak untuk sebuah motor plus dulu media info gak sebanyak skrg.,
    skrg motor 25jt fitur gitu2 doank aja tetep laku, motor 30 juta performa gak jelas aja juga laku.,

  4. Kalo mau compare satu2, bukan hanya Arashi dan Fxr yang terlalu di depaaan. Thn 1999 keluarin Thunder 250 dgn teknologi Tscc dan 4 klep,ampe skr tiger atau scorpio pun belum nerapin teknologi itu.
    Trs Suzuki pernah juga impor Cbu Gsf Bandit 250cc yang teknologinya setara Ninja 250 (harga thn 2000an 40 jutaan jg). Tp tetap aja terlalu cepat pada zamannya, ga selaku Ninja 250..
    Suzuki oh Suzuki.. Nasibmu..

    • kalau sekarang suzuki mengeluarkan barang seperti itu, kayaknya konsumen sudah bisa menerima. Karena pasar sudah teredukasi dengan produk macam satria fu dan kelas 250 macam ninja. yakin dah, suzuki itu sebenarnya produk kencang…..

  5. sebenernya teknologi suzuki memang dah maju duluan. liat aja crystal, saat yang laen masih sasis jadul dia dah pakai rangka modern dengan design futuristik. RGR juga dilengkapi panel yang lengkap termasuk gear position di motor cowok dan panel pelengkap laen. yang saat itu yang laen belom pake

  6. pilih momennya yg gak tepat…. waktu keluar pertama klo tak salah antara 2005-2006 kalah bersaing dgn jupiter MX yg harganya beda tipis dgn perbandingan arashi 125 & MX 135

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s